David Situmpul, Pedagang Goreng Keliling di Padang dapat Santunan dari Andre Rosiade

Pengurus DPD Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari Anggota DPR RI Andre Rosiade kepada David, pedagang gorengan di Jati, Padang Timur.
Pengurus DPD Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari Anggota DPR RI Andre Rosiade kepada David, pedagang gorengan di Jati, Padang Timur. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Krisis ekonomi di tengah pandemi Covid-19 banyak membuat pedagang kecil menderita, bahkan sampai kolaps.

Seperti yang dialami David Sitompul (43) dan istrinya Leni (26). Pasangan suami isitri itu saat ini kesulitan modal untuk jualan goreng keliling bersama sepeda.

baca juga: Salurkan Bantuan Balai Adat, Masjid dan TK di Limo Koto Sijunjung, Andre Rosiade: Kami Bukan Kacang Lupa Kulitnya

Tidak hanya modal, bahkan untuk membayar kontrakan rumah mereka pun juga tak ada, karena sudah terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

"Tunggakan sudah banyak, yang punya rumah katanya ada saudaranya mau tinggal di sini. Kami harus pindah," kata David saat didatangi pengurus DPD Partai Gerindra Sumbar, Selasa (7/12) ke kontrakannya.

baca juga: Andre Rosiade: Penarikan Snack Gambar Kaesang di Garuda sudah Tepat

David dan istrinya, serta satu orang anaknya yang masih kecil tinggal di rumah kontrakan, Jalan Jati Tanah Tinggi, RT 2 RW 7, Kelurahan Jati, Padang Timur, Kota Padang . Karena tidak ada uang, David yang merupakan seorang mualaf harus segera pindah dari kontrakan.

Saat ini dia sudah mendapatkan rumah kontrakan baru di dekat kompleks sekolah Adabiah. Namun yang menjadi kendalanya, yaitu uang untuk membayar sewa rumah kontrakan masih kurang.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Pembangunan Musala Taqwa Gurun Laweh

"Di sana sebulan Rp600 ribu katanya, tadi sudah dipanjar Rp50 ribu dulu. Semoga hari ini kami bisa pindah," kata David yang juga harus merawat istrinya yang sakit kanker payudara dan Lupus (lupus eritematosus) atau penyakit auto imun kronis.

David menyebutkan, dulu dia bekerja di RSUP M Djamil sebagai cleaning service. Namun, karena sempat tak masuk-masuk akibat terjatuh dia diberhentikan oleh outsourcing.

baca juga: Andre Rosiade Bagikan Ribuan Kardus Makanan Tambahan Balita dan Ibu Hamil

"Sejak itu kami berjualan gorengan berdua. Tapi istri saya juga sakit, dan kami susah bertahan hidup. Kontrakan sudah beberapa bulan tak terbayar," kata David dan istrinya yang berasal dari Sumatra Utara (Sumut) itu.

Informasi masalah David dan keluarganya ini awalnya disampaikan oleh Ketua PAC Partai Gerindra Padang Timur Syahrul Rida. Dia menghubungi pengurus Gerindra Sumbar, agar bisa mengirimkan bantuan.

Tak begitu lama, tim datang dan menyerahkan bantuan uang tunai dan juga sembako untuk David Sitompul dan keluarganya.

"Alhamdulillah, terima kasih pak Andre Rosiade . Bantuan sudah kami terima berupa sembako dan uang tunai. Bisa kami pakai untuk makan sehari-hari dan membayar kontrakan," katanya.

"Semoga bapak sukses selalu," sambung David usai menerima bantuan dari Andre yang diserahkan Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, Zulkifli (wakil sekretaris), Dafrawira De Hansen, Hendra Zola dan Rina Shintya (wakil bendahara).

Syahrul Rida mengucapkan terima kasih kepada Andre yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar yang telah membantu salah seorang warganya. Dia mendoakan Andre selalu sukses dalam karirnya sebagai anggota DPR RI.

"Alhamdulillah, terima kasih pak Andre Rosiade . Yang sudah entah keberapa kali memberikan bantuan kepada warga kami di Padang Timur. Sehat dan sukses selalu," katanya.

Nurhaida menyebutkan, selain memberikan bantuan uang tunai dan sembako, Gerindra juga akan menambahkan bantuan lainnya, agar David bisa berjualan kembali.

"Kami akan tambahkan lagi minyak goreng atau bahan-bahan keperluan modal usaha lain. Agar pak David bisa berjualan gorengan keliling kembali dengan sepedanya," kata Sekretaris PD PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar ini.

Andre Rosiade yang juga anggota Komisi VI DPR RI mengaku prihatin dengan kondisi David dan istrinya yang terancam tanpa rumah karena kontrakan tak ada lagi.

"Semoga bantuan yang kami berikan ini bisa bermanfaat bagi keluarga pak David. Bisa dapat kontrakan baru, dan juga berusaha lagi. Istrinya juga segera sehat kembali," kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (*)

Editor: Riki